Kenapa ya ada saja orang yang punya ide mempersulit sesuatu yang mudah

Sunday, October 28th, 2007 9:47 pm

Sebelum Tulisan Dimulai…

Kisah ini hanyalah kejadian fiktif belaka, jika ada kesamaan dengan tempat, pelaku, dan waktunya maka itu hanyalah suatu ketidaksengajaan.

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Ada 2 orang mahasiswa (sebenernya 3 tetapi dijadikan 2 karena yang 1 lagi tidak begitu berperan). seorang bernama sebut saja Patrush (bukan! bukan Patrush yang ini!). Dan seorang lagi bernama Coky (bukan nama sebenarnya, dan lagi² saya katakan, bukan Coky yang ini.)

Mereka diberi tugas oleh seorang dosennya (sebaiknya tidak perlu diberi nama dosen ini, gak penting). Sang dosen ini mempunyai ide untuk memberikan tugas kepada Patrush dan Coky yang berjudul: SMS Gateway Untuk Pemesanan Pempek”.

Ok, akhirnya 2 sahabat ini menjalankan tugas dari sang dosen. Akhirnya mereka terlibat percakapan yang seru.

“Sebaiknya, SMS Gateway ini dibuat dengan harga Rp500/SMS yang masuk,” ujar Coky. “Ok!” ujar Patrush, “coba kita urutkan bagaimana pemesanannya”:

format SMS:
PESAN<spasi>[JENIS PEMPEK]<spasi>[JUMLAH]<spasi>[ALAMAT PEMESAN]

Pemesan mengetik: PESAN<spasi>LENJER<spasi>6<spasi>JL. SORE-SORE NO. 68

SMS balasan: PESANAN TERSEDIA, SILAHKAN TUNGGU.

“Dan, pengiriman berhasil!!!” Teriak mereka berdua.

Akhirnya tugas ini diajukan dan dipakai oleh salah satu toko pempek ternama. Dan pemesanan pempek ini diumumkan di berbagai surat kabar, pamflet, dan spanduk-spanduk. Karena dengan bangganya toko pempek tersebut mempunyai cara yang “canggih” untuk memesan pempek.

Dan yang terjadi…
Begitu banyak SMS yang masuk, dan Anda tahu?? ternyata ada yang dari luar kota, malah luar pulau?? Loh bagaimana cara mengantar pempeknya??

Malah ada anak kecil yang SMS bohong²an memesan banyak sekali pempek dan akhirnya si pengantar pempek tidak mendapati alamat yang diberikan di SMS tersebut. Karena SMS itu sendiri tidak mempunyai pendeteksi apakah data yang dikirim valid atau tidak, benar-benar memesan atau sekedar iseng.

Efisienkah??
Banyak orang yang mengagung-agungkan SMS Gateway sebagai alat yang “canggih”, sehingga sangat ingin sekali apa-apa memakai SMS, termasuklah diantaranya dosen yang menyuruh 2 orang sahabat di atas.

Padahal ada cara yang lebih efisien, suatu cara yang bisa membuat komunikasi 2 arah secara langsung, komunikasi yang telah dari dulu dilakukan oleh toko pempek tersebut, cuma karena tidak “canggih” jadi diabaikan.

Yaitu: Telepon.

Tulisan Sesudah Tulisan…
Memang SMS Gateway akan lebih efisien untuk polling dan pengumpulan data. Tetapi untuk pemesanan makanan antar seperti kejadian diatas?? Ha ha…

Ini cuma opini saya. Ada masukan??

INGAT! Kisah ini hanyalah fiktif belaka


suka dengan tulisan saya? silakan juga mem-follow twitter saya

butuh web-developer/web programmer? silakan kontak saya agar saya memberikan solusi untuk Anda. Portfolio saya bisa dicek di Limosin Creative Studio


Category: Opini

Label: , , ,



36 Responses to Kenapa ya ada saja orang yang punya ide mempersulit sesuatu yang mudah

  1. ferdiku says:

    =d> pasti dosen baru yang ngenjuk tugas cakitu yeh..ngapo dak suru mahasiswa tu beli buku halus kasar, masi inget dak buku halus kasar?yang buat latean nulis waktu kito TK itu na.

    btw dosen yang ngenjuk tugas tu bekacomato dak?uongnyo item, rai nak nyangar terus, kapan ngawas ujian tegak cak patung di depan kelas?

  2. ayahshiva says:

    kalo mau yang lebih canggih dan up to date, pake email

  3. cK says:

    pake telpon aja. delivery kayak mekdi. efektif tuh. atau coba bikin pesan via online, kayak amazon… :))

  4. Ai says:

    Waduh,,itu kejadian asli?

    Tapi iya juga sih..

    Boro2 lewat sms..yg delivery lewat tlp aja msh suka ada penipuan kok. 8-|

  5. rd Limosin says:

    #1: bukan, bukan dosen yg itu, kawanny (eh, sudah dibilang cerita fiktif)

    #2: gak sekalian RSS reader aja Ri??

    #3: :)) amazon?? kapan nyampenya, keburu basi cuka nya

    #4: he… delivery aja gitu. (eh, ini fiktif loh) :)

  6. almascatie says:

    arhhgggghhhh masih butuh manusiaaaa :d

    teknologi ga bisa menyelesaikan setiap permasalahan manusia deh :-?

  7. Pingback: Kenapa ??? « Quote me Quote you

  8. coke says:

    ngehe….eek nean bener jugo ye!!!……

    ai nala ucup nean :-&quot;

  9. galih says:

    kalau dipandang dari sudut pandang dosen, si dosen benar. esensinya adalah untuk belajar si mahasiswa membuat SMS Gateway, bukan untuk menerapkan sistem itu pada kehidupan nyata.

    kalau dipandang dari sudut pandang warung, kita juga tidak bisa 100% menyalahkan si warung salah mengaplikasikan teknologi. bisa jadi motivasinya adalah untuk gebrakan promosi saja. dan kelihatannya memang begitu, menarik perhatian orang. apakah itu applicable atau nggak, itu urusan belakangan. yang penting orang tahu bahwa ada warung A yang bikin gebrakan. itu salah satu strategi pemasaran juga.

  10. coke says:

    ohhh bener juga tuh mas yg d atas ^^….

    kami bakal perbaiki sistemnya aja [kok jd ngerasa d omongin???]

    ck ck ck ck ck ck

  11. ajiputra says:

    yah.. itu tergantung dari toko pempek mana yang punya sms gateway..

    kalo tokonya sekelas McD ya mungkin bisa sukses.

    boleh dicoba tuh…

  12. azer says:

    pesen donk…no HP nya brapa tuh ?

    kirim ke kutub ya :D

  13. kus says:

    paling enak, jalan – jalan , mampir di kedai empek2 sambil ngopi bilang..

    mpek mpeknya 10 kang!!!!!!!!!!!!

  14. patrush says:

    wa…. :(( :(( :(( tiba-tiba nama ku disebut-sebut disini… gak ngomong2 lagi…

    ini pasti dendem dari milis nih…

    PERHATIAN itu percakapannya 100% fiktif… aku gak pernah ikut-ikutan ngobrol yang kayak gitu… peranan aku di proyek ini cuma buat sistem… lagian ini proyek "kepaksa" gara-gara ketunjuk ama tuh dosen…

    kalo menurut aku sendiri sih emang nih sistem rada bego… masa beli pempek pake sms…

  15. funkshit says:

    makanya di sms gateway nya di pasang captcha juga .. .

    trus di kasih autentifikasi . .. jangan pke imel tapi lewat pos

    *kirimkan kembali surat ini untuk konfirmasi pemesanan

    nah klo gitu kan ngga bakalan ada penipuan

    hehehehehhe

  16. [ew] says:

    sebelum komentar FYI sbentar, hr ini ngakses blog kok lm sih Dy, malah putus nyambung.. putus nyambung.. ta kr koneksi netnya tp ternyata cm blog ini doang yg lain normal.

    ——–

    Untuk ukuran indonesia sich masih mending pake telepon aja. Jangankan sms yang sebatas teks gitu doang lha yg model telepon aja kadang bisa-bisa orang iseng nipu.

    Namun baik telepon atau sms kalau tidak mau diisengin atau paranoid takut diisengin ya bisa saja cek n ricek. Jadi kalau ada pesanan coba telepon balik untuk konfirm apa bener sudah melakukan pemesanan.

  17. finkz says:

    haha. aku lebih suka pesan lewat telepon kalo seandainya emg bener ada pemesanan lewat sms..

    biar lebih jelas gitu. :P

  18. Orang Amerika menghabiskan uang jutaan dolar karena pulpen gak bisa digunakan diluar angkasa. Sementara orang Rusia hanya mengganti pulpen dengan pensil.

    Ada kalanya cara-cara tradisional justru lebih berguna daripada yang modern.

  19. Aneh, setiap komen di blog ini, saya selalu ada di Australia :-?

  20. rd Limosin says:

    #6: he he

    #7: kenapa cok?? nala?? ucup?? hah!!!

    #8: pendapat yang bagus Mas Galih, emang sih bisa untuk promosi. Wah macem orang marketing ajah

    #9: eh, sudah dibilang fiktif, bukan kamu

    #10: he, kykny sulit deh, cuma gak tau ya kalo mekdi pernah begini

    #11: he… udah nonton aja yg kamu donlot smalem

    #12: emang lebih enak beli langsung ya Kus

    #13: emang fiktif kok, eh beneran bego. Bilang tuh ke "sang dosen"

    #14: kapan nyampenya?? upgrade dong, pake merpati pos :))

    #16: emang server lagi direstart, lagi tambah memory

    #17: untuk yang berpikir bijak

    #18: he he he, eh baru denger tuh yg tentang pulpen

    #19: iya, database negaranya agak error dikit

  21. nhobixxx says:

    untung ini cuma cerita fiktif, kalo kisah nyata, harus bayar "loyality fee" nih, pake ide cerita yg mirip dengan kisah asli yang terjadi di sekitar aku akhir2 ini…

    utk mas cokyday, ucup jg deh kamu. :d/

  22. deesiey says:

    juwalan empek2 pake sms-gateway itu namanya kurang kerjaan. hihihih..eh salah. nambah kerjaan ajah.[-(

    unless tuh tukang empek2 udah punya sistem yg jelas pegimana..dan udah punya toko banyaaaaak gwetuh. hihihihi…

    tukang mie ayam belakang rumahqu yg antrian pwenuh aja kagak repot2 pake sms-gateway. teteup pake antrian on the spot. hihihihi..:d:d

  23. Nilla says:

    wakakakaka… postingannya nyindir sayah! =))

    mentang2 sayah suka mesen makanan pake sms… =)) :P

  24. imcw says:

    Terkadang memang gengsi mengalahkan akal sehat. Sesuatu yang baru bisa lebih bergengsi daripada yang lawas.

  25. Riyogarta says:

    Iya tuh, saya juga kadang heran :-?

  26. aLe says:

    *lirik komen 16* tuh khan..

    ah, ini pasti bukan fiktif..

    nilai pljaran mengarang km khan cm dpt 60 ;))

  27. liezmaya says:

    mesen sendiri…langsung datang ke TKP, larak lirik pelayan yang cakep haha :d

  28. ayahshiva says:

    jadi kapan di space samo bw aku ditambah

  29. agung says:

    @ahmad simanjuntak,

    dulu astronot sama kosmonot sama2 pakai pensil kok. sekarang juga udah sama2 pakai pulpen. :)

  30. raffaell says:

    Bwahhh, aku ketipu, kirain baca kisah asli, pas liat liat ini orang kenapa pasang merah merah gitu, ternyata kisah piktip, aku tertipuuuu:((

  31. rd Limosin says:

    #21: halah, Nala toh

    #22: wei, mie ayamnya enak ya??

    #23: emang sering ya Nill?? emang anak kos

    #24: hm, bener tuh Dok

    #25: haha, Mas Riyo juga ngerasa gitu

    #26: komen yang mana Le??

    #27: bener. Ada faktor pelayan cakep

    #28: bntar Ri, tunggu web Limosin Server sudah jadi. Ok

    #29: doh, orang berpengetahuan memang beda ya, maklum belom pernah denger cerita ttg astronot

    #30: udah dibilang cerita fiktif

  32. -tikabanget- ™ says:

    lhaa..

    hal hal rumit yang berkesan cerdas padahal ngrepotin.. wakakakk..

  33. Hehehe.. pesen pempek pake sms gateway. suatu sistem yang menggunakan sms gateway sekalipun tidak akan pernah sukses kalau tidak ada validasi dan database dari penggunanya untuk memudahkan proses pelacakan, dsb. Tuh dosen iseng amat nyuruh buat tuk toko pempek.. hehehe untung fiktif ya…. kalo g rugilah toko pempek itu. Aku tau pasti toko pempem cand* kan kalau kejadiannya nyata. wehuehuehue

  34. saya ada tulisan singkat mengenai sms gateway silahkan diliat disini kalau mau :d

  35. Saya ada tulisan singkat mengenai sms gateway, silahkan dilihat

  36. suprie says:

    hahahaha technology juga butuh waktu yang tepat, kapan dan bagaimana menggunakannya, jangan sampe membunuh lalat pake bazooka liat cost effective na lah ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close
sila dibaca blog saya yang lain