Cara Mendapatkan VPS Gratis dari woiden.id dan hax.co.id

Sebelum Tulisan Dimulai…
Halo semua, siapa yang tidak mau barang gratisan hehe.. berikut ini saya akan memberikan cara untuk mendapatkan VPS gratis dari woiden.id (juga hax.co.id). Yang perlu menjadi catatan untuk mendapatkan VPS ini adalah:

  • Kamu harus mempunyai akun telegram
  • VPS ini kamu hanya mendapatkan ipv6
  • VPS hanya aktif 7 hari, setelahnya (minimal 3 hari sebelum habis, kamu harus memperpanjang masa aktif VPS ini).

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Oke, lanjut kita menuju ke hax.co.id atau woiden.id lalu buat akun, biar gak bingung, tutorial ini ke woiden.id saja ya untuk selanjutnya. Untuk membuat akun di web ini, silakan menuju ke menu Register.

menu Register di woiden.id

Lalu akan diarahkan untuk menyenggol bot telegram HaxTG_bot agar bisa mendapatkan ID telegram dengan mengetik /getid pada chat, selanjutnya masukkan saja ID Telegram yang diberikan, lalu klik submit. Kamu lalu akan diberikan field untuk memasukkan kode yang telah diberikan oleh bot HaxTG_bot.

tampilan halaman register woiden.id
tampilan chat dengan bot HaxTG_bot

Jika sudah bisa login, maka klik menu Create VPS, lalu isi data diri yang diinginkan.

menu membuat VPS

isi dengan data center, OS, password root kalian, lalu niat membuat VPS untuk apa, masukkan captcha, dan centang saja lah apa-apa yang di bawahnya hehe..

halaman membuat VPS

nah, jika halaman Data Center ternyata select-nya kosong (tidak bisa dipilih), maka belum ada server yang tersedia. Triknya untuk mendapatkan data center tersedia adalah: create VPS pada jam 7 pagi, karena di sanalah saat VPS lama yang tidak diperpanjang terhapus dan node yang mereka pakai dibuka untuk pengguna lain.

halaman membuat VPS tidak ada data centernya.

Jika sudah berhasil, tunggu sekitar beberapa menit agar VPS siap, kalau sudah terbuat nanti bot HaxTG_bot memberitahukan bahwa VPS kamu sudah tersedia.

Lalu menuju ke halaman VPS Info untuk mengecek data-data VPS yang kalian dapatkan, seperti IP address, OS, ram, dll

informasi VPS yang didapatkan

Untuk memanajemeni VPS yang kamu dapatkan, silakan login via Putty, tapi biasanya kamu tidak bisa karena provider internet di Indonesia saat ini belum support ipv6, jadi bisa menggunakan web-based terminal yang disiapkan oleh hax.

menu web-base terminal

Tinggal masukkan ipv6 dan password yang kalian masukkan saat membuat VPS (untuk port dan username biasanya tidak perlu diubah, seharusnya port 22 dan username root).

tampilan login web base terminal

jika berhasil login, maka muncul terminal

tampilan web base terminal dari hax

atau jika kalian tidak ingin menggunakan web base terminal dari hax, maka silakan memakai hp kalian, instal Cloudflare Warp dan Terminus.

Cloudflare Warp

lalu aktifkan Cloudflare Warp

Warp aktif

menuju ke Terminus, lalu buat Host baru, masukkan ipv6 di bagian Host, alias bisa terserah saja, boleh ketik woiden, lalu centang opsi SSH, username masukkan root, lalu input juga password yang diinput pada saat pembuatan VPS. Jika berhasil, maka muncul halaman terminal seperti biasa.

halaman terminal pada Terminus

Tulisan Sesudah Tulisan…
Selanjutnya silakan gunakan VPS kamu untuk apa yang diinginkan, bisa untuk menginstal web server dengan WordOps seperti yang pernah saya tuliskan atau silakan berkreasi sendiri, asal jangan dipakai untuk hal negatif seperti membuat web phising, untuk men-DDOS server orang, atau mengirimkan email spam, dan hal-hal negatif lainnya.