Menginstal OpenVPN di VPS NAT IPv4 (ssttt… bisa buka blokir internet juga loh)

Monday, March 7th, 2016 1:14 pm

Sebelum Tulisan Dimulai…
Akhir-akhir ini internet di Indonesia agak mengkhawatirkan, sebelumnya dikabarkan Telkom Group memblokir Netflix, selanjutnya terdengar kabar bahwa XL memblokir MatahariMall. Nah, karena saya orangnya tidak suka diblokir-blokir, maka saya memutuskan untuk menggunakan VPN untuk mengakses, alasan sebenarnya adalah agar saya bisa mengakses secara anonim, resolve DNS bisa lebih cepat, dan untuk membuka blokir sebenarnya hanyalah bonus 🙂

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Untuk bisa menggunakan VPN maka kita membutuhkan VPS. Harga VPS biasanya agak lebih mahal dibanding hosting biasa, terlebih lagi jika VPS tersebut memberikan fitur dedicated IP v4, karena sewa IPv4 lumayan mahal.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa provider VPS yang memberikan layanan VPS tetapi dengan IPv4 yang di-share ke para penggunanya, biasanya VPS ini disebut: VPS NAT IPv4.

Jika kamu gugling ada banyak penyedia layanan VPS NAT ini, tetapi jika kamu meminta rekomendasi dari saya, saya menganjurkan LowEndSpirit (singapore node dari InceptionHosting) dan i-83.net (layanan dari QuadHost).

Kenapa lokasi memilih yang Singapore? ya karena Singapore lebih dekat dengan negara kita, Indonesia tercinta ini. Jadi tidak terlalu jauh.

Langkah-langkah Menginstal OpenVPN di VPS Nat IPv4:

  1. Setelah membeli VPS di InceptionHosting maupun di i-83.net, kamu akan mendapatkan informasi mengenai 20 port untuk kamu dan login ke halaman admin VPS (biasanya memakai SolusVM).
  2. Pertama, kalian harus mengerti dulu tentang bagaimana menggunakan VPS NAT ini, jika di InceptionHosting, kamu bisa buka-buka forum LowEndSpirit, untuk di i-83.net kamu bisa membuka halaman knowledge-based mereka.
  3. Jika sudah mengerti, silakan login ke halaman untuk memanajemeni VPS, berikut tampilan InceptionHosting yang menggunakan SolusVM, lalu aktifkan fitur TUN/TAP:

    TUN/TAP di SolusVM

    TUN/TAP di SolusVM

  4. Jika kamu mengorder di i-83.net, maka tampilannya seperti di bawah ini:
    TUN/TAP di Quadhost

    TUN/TAP di Quadhost

    TUN/TAP di Quadhost

    TUN/TAP di Quadhost

  5. Jika sudah login melalui SSH dengan login root dan password yang sudah diberikan oleh provider VPS (perlu diingat bahwa port SSH bukan 22 tetapi sudah ditentukan oleh provider).
  6. Lalu kita mulai menginstal OpenVPN server dengan mengetikkan:

    Jika ternyata ada error seperti sertifikat tidak diketahui (saya mengalami hal ini saat menginstal di Debian 8 64bit), maka tambahkan opsi --no-check-certificate seperti di bawah:

     
  7. Jika sudah akan muncul IP address, masukkan IP address internal (biasanya otomatis terdeteksi).

    Tampilan IP Address

    Tampilan IP Address

  8. Lalu akan disuruh menambahkan port, perlu diingat bahwa port ini masukkan saja salah satu port yang diberikan oleh provider VPS NAT (biasanya diberikan 20 port, pilih salah satu).

    Pilih port

    Pilih port

  9. Jika sudah, akan disuruh memilih layanan DNS, di sini saya memilih Google DNS. Silakan pilih yang lain tidak masalah.

    pilih layanan DNS

    pilih layanan DNS

  10. Lalu disuruh menentukan nama dari openVPN client, silakan isi sesukanya:

    pilih nama openVPN client

    pilih nama openVPN client

  11. Jika sudah, tunggu openVPN server terinstal, bisa sambil buat kopi 😉 lalu akan muncul peringatan bahwa VPS terdeteksi VPS NAT, disuruh memasukkan IP eksternal, silakan masukkan IP yang diberikan oleh provider VPS.

    masukkan eksternal IP

    masukkan eksternal IP

  12. Selesai, lalu ambil berkas konfigurasi openVPN client yang sudah kita buat. Bisa menggunakan program WinSCP. Ambil berkas tsb lalu masukkan ke komputer kita.
  13. Jika sudah, instal program OpenVPN client di komputer kita, silakan gugling mana yang terbaik. Kalau saya lebih memilih program ini: http://assets.unotelly.com/downloads/apps/windows/openvpn-client.msi
  14. Sesudah diinstal, klik import lalu cari berkas OpenVPN client yang kita unduh dari server.
  15. Lakukan koneksi ke server. done, kita berhasil terkoneksi dengan menggunakan VPN.

    OpenVPN terkoneksi

    OpenVPN terkoneksi

Tulisan Sesudah Tulisan…
Sangat mudah dan murah kan, harga VPS NAT berkisar 3-5 dolar pertahun (sekitar 40-60rb rupiah). Hanya dengan seharga tsb kita bisa browsing anonim, tanpa diblokir, resolve DNS lebih cepat 😉

Oh ya, untuk mengecek apakah kita sudah terhubung, maka silakan mengunjungi halaman: http://mxtoolbox.com/WhatIsMyIP/ jika muncul gambar bendera Singapore, maka kamu sudah berhasil.

OpenVPN sukses terkoneksi

OpenVPN sukses terkoneksi


suka dengan tulisan saya? silakan juga mem-follow twitter saya

butuh web-developer/web programmer? silakan kontak saya agar saya memberikan solusi untuk Anda. Portfolio saya bisa dicek di Limosin Creative Studio


Category: Tutorial

Label: , , ,



10 Responses to Menginstal OpenVPN di VPS NAT IPv4 (ssttt… bisa buka blokir internet juga loh)

  1. @arbaloa says:

    thanks gan buat tut nya, kalo install web server di NAT vps gimana gan harus pake reverse proxy dulu kah

  2. ayahshiva says:

    tidak teramat mudah 🙁

  3. ayahshiva says:

    tidak teramat mudah 🙁

  4. ayahshiva says:

    tidak teramat mudah 🙁

  5. ayahshiva says:

    tidak teramat mudah 🙁

  6. ayahshiva says:

    tidak teramat mudah 🙁

  7. ayahshiva says:

    tidak teramat mudah 🙁

  8. Pingback: Ardy Hidayat | Menginstall Nginx, PHP 7, MariaDB di Debian 8 Jessie dan mengarahkan domain ke VPS NAT IPv4 (via IPv6 + Cloudflare) Bagian 1

  9. Dimas says:

    gan, buat tutor untuk softether dong gan …
    openvpn udh gk tembus buat XL kena blocked mulu buka reddit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Stuff

    • wongkito.net

      KombatHost.com

    • Langganan Blog ini via Email

      Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

close
sila dibaca blog saya yang lain