Cara Unlock Modem XL Go Movimax Mv003

Sunday, April 22nd, 2018 10:58 pm

Sebelum Tulisan Dimulai…
Saya mempunyai modem Movimax Mv003 yang bundling dengan XL Go (awal pembelian saya mendapatkan kuota 60GB untuk 2 bulan). Sayangnya modem ini dikunci (locked) di operator XL dan Axis. Jadi jika memakai kartu di operator lain, maka tidak bisa.

Sebenarnya saya sangat puas dengan operator XL, apalagi paket XL Go yang murah. tetapi ada isu yang berhembus bahwa XL akan mengubah skema XL Go menjadi XL Go Izi, skema yang menurut saya sangat tidak menguntungkan.

Agar persiapan pindah operator lain jika XL Go “memaksa” pengguna untuk beralih ke XL Go Izi, maka saya mencari-cari cara untuk unlock modem ini.

Paket XL Go (non Izi)

XL Go Izi

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Sudah ngubek-ngubek google, forum, dan sebagainya ternyata hasilnya nihil, padahal beberapa penjual di lapak-lapak online seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan lain-lain bisa menjual modem ini dengan kondisi unlock.

Akhirnya saya menyerah, mungkin memang nasib modem ini untuk menggunakan koneksi provider XL dan Axis 😀

Sampai akhirnya negara api menyerang saya mendapati di WebUI modem Movimax Mv003 sebuah update firmware. Di sana tertera update ke firmware MV003.B06, karena saya pikir silakan saja saya update, toh tidak berpengaruh atau mungkin bisa menangkap sinyal lebih bagus atau bisa jadi bikin lebih dingin modem.

Saat telah selesai update, iseng-iseng saya masukkan kartu telkomsel saya. Eng-ing-eng ternyata lampu modem menyala biru (seharusnya merah karena modem tidak mendeteksi simcard seperti sebelumnya saya pernah coba sebelum update firmware).

Saya lalu coba koneksikan laptop ke wifi yang dipancarkan modem, internet terkoneksi dengan baik. Lalu saya coba akses whatismyip dan speedtest (untuk mengetahui ip address punya provider mana) dan ternyata benar bahwa memang terdeteksi ip address milik telkomsel.

deteksi IP address telkomsel

Jadi, untuk kalian yang memakai modem Movimax Mv003 dan masih terkunci di koneksi XL, silakan update modem ke firmware MV003.B06 untuk meng-unlock modem kalian, sesimpel itu caranya. Dengan catatan bahwa di webUI kalian (akses ke http://xl.go) ada notifikasi disuruh update ke firmware MV003.B06.

Tulisan Sesudah Tulisan…
Sekian cara unlock modem Movimax Mv003 yang tidak sengaja saya temukan :-D, jika ada cara lain, silakan dibagikan di kolom komentar, masukan dari Anda sangat berharga bagi saya. Terima kasih.

NB: jika XL masih mempertahankan skema XL Go (yang bukan Izi) saya sampai saat ini masih tetap akan menggunakan dan membeli paket XL Go.


suka dengan tulisan saya? silakan juga mem-follow twitter saya

butuh web-developer/web programmer? silakan kontak saya agar saya memberikan solusi untuk Anda. Portfolio saya bisa dicek di Limosin Creative Studio


Category: Internet, Tutorial

Label: , , ,



6 Responses to Cara Unlock Modem XL Go Movimax Mv003

  1. alvin says:

    Nice Inpoh gan, barusan saya coba work!
    Thanks.

  2. Uuuuuu says:

    Pantesan setelah saya update kok ada tulisan unlocked version

  3. cihuy says:

    mantap, ane gasadar kalo udah update, sampe pusing mikirin ganti modem hahaha

  4. ardnah says:

    pake tri gan, paketnya lbh murah 38gb harganya 110k

  5. Taufiq says:

    maaf mas mau tanya, untuk login ke web ui xl go itu gimana caranya sih? atau bisa update firmware tanpa harus login?

  6. NIS says:

    mohon panduan web ui xl go itu yang mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Stuff

    • wongkito.net

      KombatHost.com

    • Langganan Blog ini via Email

      Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

close
sila dibaca blog saya yang lain