Ini 5 Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Wednesday, August 10th, 2016 6:07 am

Sebelum Tulisan Dimulai…
Penggunaan smartphone Android memang memudahkan banyak aktivitas kita. Termasuk aktivitas pekerjaan, tugas sekolah, bisnis, dan beragam kebutuhan lainnya. Kendati demikian, kita akan merasa kebingungan bila paket kuota internet tiba-tiba habis. Maklum saja, tanpa kuota internet maka smartphone Android akan kehilangan kemampuan mobile.

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Tetapi kini kita tidak perlu khawatir lagi dengan kuota internet. Karena dengan mempraktikkan 5 cara ini, kuota internet smartphone Android kita akan lebih hemat dari biasanya.

Jangan Lupa Memanfaatkan Fasilitas Wi-Fi
Fasilitas wi-fi (Wireless Fidelity) memang salah satu alternatif terbaik untuk konektivitas internet smartphone Android. Sewaktu kita sedang berada di tempat umum, jangan lupa untuk memanfaatkan konektivitas wi-fi yang aman dengan kecepatan memadai. Melalui koneksi wi-fi, kita lebih leluasa melakukan update aplikasi, menonton streaming, browsing serta aktivitas mobile lainnya.

Mematikan Aplikasi yang Tidak Terpakai
Aplikasi yang terus menerus aktif akan membuat kuota internet smartphone jadi cepat habis. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya kita sudah menonaktifkan aplikasi tersebut lebih dahulu. Contoh aplikasi yang boros kuota internet adalah aplikasi ojek dan taksi online yang terus melakukan pengecekan lokasi secara berkesinambungan.

Data Usage di MIUI

Data Usage di MIUI

Mengunduh Video Terlebih Dahulu
Jika kita berniat menonton video tertentu, sebaiknya kita mengunduh video tersebut terlebih dahulu agar bisa disaksikan secara offline. Hal ini bisa kita lakukan ketika mendapatkan koneksi wi-fi gratis di tempat-tempat tertentu. Simpanlah video-video tersebut pada memori penyimpanan smartphone supaya bisa diakses kembali tanpa memotong kuota internet.

Mengaktifkan Fitur Data Saver
Beberapa jenis aplikasi browser tertentu memiliki fitur data saver untuk menghemat kuota internet. Ketika fitur tersebut sudah diaktifkan, maka proses browsing akan menyita lebih sedikit kuota internet daripada biasanya. Penghematan kuota internet dengan fitur ini bahkan bisa mencapai 50%.

Menghapus Aplikasi Tertentu
Ternyata ada beberapa jenis aplikasi yang benar-benar boros kuota internet dan baterai. Salah satunya adalah Facebook. Daripada mengakses Facebook melalui aplikasi, akan jauh lebih baik jika kita menghapusnya dan membuka Facebook dari browser saja.

Penghematan kuota internet membuat kita tidak perlu membayar lebih untuk akses internet di HP Android. Sehingga kita punya kesempatan untuk menabung dan membeli smartphone Xiaomi murah terbaru di MatahariMall. membeli smartphone Xiaomi di MatahariMall akan membuat kita lebih hemat dan leluasa memilih tipe smartphone yang kita butuhkan.

Berhematlah mulai sekarang dan segera dapatkan smartphone Xiaomi untuk pengalaman mobile yang lebih menyenangkan!

Tulisan Sesudah Tulisan…
Itulah 5 poin cara menghemat kuota internet, ada yang punya cara lain? Silakan diskusi di kolom komentar ya 😉


suka dengan tulisan saya? silakan juga mem-follow twitter saya

butuh web-developer/web programmer? silakan kontak saya agar saya memberikan solusi untuk Anda. Portfolio saya bisa dicek di Limosin Creative Studio


Category: Android, Internet

Label: ,



One Response to Ini 5 Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

  1. ohdroid says:

    tips nya boleh nambahin satu lagi ya kak? yakni menonaktifkan data seluler jika sedang tidak dipakai. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Stuff

    • wongkito.net

      KombatHost.com

    • Langganan Blog ini via Email

      Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

close
sila dibaca blog saya yang lain