Tips Transaksi Aman Belanja di Internet (Sebuah Pembelajaran dari Kasus Rekber Blackpanda)

Wednesday, October 7th, 2015 8:33 am

Sebelum Tulisan Dimulai…
Bulan lalu saya dikagetkan dengan kasus Rekening Bersama (biasa disingkat Rekber) dengan ID Blackpanda di Kaskus. Padahal selama ini saya menganjurkan pada teman-teman saya untuk bertransaksi di dunia maya agar tidak tertipu salah satunya adalah dengan menggunakan jasa rekening bersama.

Kasus ini lumayan menjadi perhatian media nasional seperti di: Liputan6, Merdeka.com, Kompas, MetroTVNews, dan beberapa media lain. Nah, hal ini membuat saya lebih waspada. Saya pribadi jika ditanya teman, maka akan lebih menyarankan untuk belanja di marketplace terpercaya dan dengan konsep escrow.

Tips Belanja Aman

Tips Belanja Aman

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Salah satu marketplace yang saya percaya dan menjadi favorit saya adalah blanja.com yang dapat diakses di sini. Beberapa poin dari saya yang membuat blanja.com sebagai favorit adalah:

  • Konsep Escrow
    Ini yang terpenting jika menyangkut keamanan. Konsep ini adalah pembeli mentransfer uang ke blanja.com dulu, jika uang transfer sudah diverifikasi, maka pihak blanja.com akan menginstruksikan kepada penjual untuk mengirimkan barang. Jika barang yang dikirim penjual sudah sampai, maka pembeli mengonfirmasi ke blanja.com bahwa barang sudah diterima. Lalu baru pihak blanja.com melakukan pembayaran ke pihak penjual.Mirip konsep rekening bersama (rekber), tetapi jika di rekber penyedia rekber bukanlah pemilik marketplace, maka di blanja.com yang jadi pemegang uang transaksi adalah blanja.com sendiri, tentu hal ini adalah nilai tambah, karena kemungkinan terjadi bahwa rekber akan melarikan diri seperti yang terjadi pada kasus di atas 🙂 .
  • Lengkap
    Hampir semua kategori produk favorit saya seperti barang elektronik, gadget, komputer, dan buku; maupun produk favorit istri seperti produk fashion, kesehatan, dan kecantikan.
  • Harga Kompetitif
    Dengan banyaknya penjual, harga di blanja.com bisa sangat kompetitif, kita bisa mencari harga mana yang sesuai kantong 😉
  • Support Yang Bisa Diandalkan
    Ini adalah salah satu fitur yang harusnya menjadi nilai tambah juga. Pernah suatu ketika saya harus mengecek suatu model smartphone yang dijual, tentu saja saya menanyakan hal tsb ke support blanja.com, dijawab mereka dengan langsung menghubungi pihak penjual mengenai model yang mereka jual, tidak lama kemudian saya mendapatkan informasi model dari smartphone yang saya inginkan.
Tampilan Website Blanja.com

Tampilan Website Blanja.com

Tulisan Sesudah Tulisan…
Poin-poin di atas beberapa poin penting yang menyebabkan saya menjadikan blanja.com sebagai marketplace favorit saya. Ada pengalaman juga dengan blanja.com? silakan diskusi di kolom komentar 😉


suka dengan tulisan saya? silakan juga mem-follow twitter saya

butuh web-developer/web programmer? silakan kontak saya agar saya memberikan solusi untuk Anda. Portfolio saya bisa dicek di Limosin Creative Studio


Category: Internet

Label: , ,



3 Responses to Tips Transaksi Aman Belanja di Internet (Sebuah Pembelajaran dari Kasus Rekber Blackpanda)

  1. terimakasih artikelnya..

  2. duniajilbabindonesia says:

    Semoga ini semua bisa selalu menjadi panduan kebaikan bagi kita semua 🙂 Khitbah dan Tunangan Aamiin.

  3. Waktu itu ane juga mau transaksi sama seller gan yang jual hp dikasus dan ane nawarin diri sendiri mau make blackpanda ke seller yg jual hp ini, eh seller ini bilang katanya blackpanda lagi kena kasus wah pas tau kayak gitu ane langsung milih COD-an aja deh gan
    Sekarang pokoknya kalo mau beli apa-apa lebih baik COD dan mengetahui detail barang apa yang mau kita beli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Stuff

    • wongkito.net

      KombatHost.com

    • Langganan Blog ini via Email

      Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

close
sila dibaca blog saya yang lain