Blogwalking pake Google Reader

Logo Google ReaderYah, untuk sebagian blogger, tulisan ini mungkin basi. Maklum, para blogger sebagian besar mungkin sudah pake Google Reader sejak jauh-jauh hari.

Jadi tulisan ini buat kamu yg suka blogwalking dan blom tau ttg Google Reader, juga buat kamu yg sudah tau, cuma kali aja masih mau baca tulisan ak (kan penyampaian seseorang dari tulisannya beda-beda 😉 ).

Untuk bisa memanfaatkan Google Reader, kamu mesti ada account GMail. Klo belum buruan ke: http://www.gmail.com.

Sudah dapet account Google, nah kamu coba arahkan browser kamu ke alamat: http://www.google.com/reader/. Masukin username dan password kamu.

Nah, di halaman Google Reader, kamu bisa masukkan RSS yang kamu sukai seperti: http://feeds.feedburner.com/NextBillionaireBlog (sekalian promosi :d ).

Trus kamu juga bisa masukin RSS tersebut ke kategori yg kamu sukai. Klo ak sendiri ad 3 kategori: blogroll (untuk RSS blogger yg ak sering kunjungi, tenang semua blogger yg komen di blog ak ad kok :)>- ), news (untuk berita Indonesia mulai dari detikinet, kompas, okezone, media indonesia, BBC Indonesia, dll), terus kategori punya saya (untuk melihat komentar yg masuk ke blog ak).

Ok, eksperiens is de bes ticer, jadi kamu coba-coba sendiri ya manfaat dari Google Reader.

Nah buat para blogger, mohon sediakan alamat RSS kamu biar para blogger laennya bisa tau blog kamu update terus pas blogwalking (ini terjadi pas ak minta RSSnya Akang Azis, maklum Kang Azis pake Joomla jadi mesti module RSSnya diaktifin dulu).

Kejadian yg serupa ak alami pas ngunjungin blog thuns, RSSnya rusak, jadi terpaksa ke alamat RSS default WP: wp-rss.php (weei, yg disinggung namanya, benerin kek… :> ).

Buat yg pake WordPress, kamu tinggal aktifin fungsinya pake code:

Post RSS2
[code lang=”php”]
< ?php bloginfo(‘rss2_url’); ?>
[/code]

Comment RSS2
[code lang=”php”]
< ?php bloginfo(‘comments_rss2_url’); ?>
[/code]

Jangan takut, klo kamu pake themes WP yang pembuatnya berkredibilitas tinggi, biasanya sudah dibuat deh dengan sendirinya, minimal ada di bagian <head>:

[code lang=”html4strict”] [/code]

Buat kamu yg pake TextPattern (ini biar seseorang yg pake TextPattern merasa seneng :d )

alamat RSS di TextPattern
/textpattern/publish/rss.php

Bener gak Kus?? maklum blom sempet ngoprek TextPattern terlalu banyak #-o (mohon dibenerin)

Atw kamu bisa juga daftarin RSS kamu ke feedburner biar RSS makin ngetop. Karena feedburner bisa buat nampilin gini:

dan ini:
Animasi dari Feedburner

Selamat ber-RSS ria dan ber-Google Reader ria :o)