Trik Agar Tethering Andromax Prime Lebih dari 3 Device

Tuesday, April 24th, 2018 4:03 pm

Sebelum Tulisan Dimulai…
Awalnya saya tergiur juga dengan Smartfren Andromax Prime, niatnya untuk dipakai sebagai koneksi internet rumah. Lumayan hanya dengan 100ribu dapet koneksi unlimited, walau dibatasi FUP 1GB/hari.

Perlu diketahui, Andromax Prime adalah featured phone yang sudah disematkan koneksi 4G, harganya hanya 299.000 (sudah termasuk 1 bulan koneksi internet unlimited).

Tetapi yang saya khawatirkan adalah: Andromax Prime hanya bisa membagi koneksi dengan 3 device, padahal di rumah ada 3 hp dan 2 laptop, sehingga saya mempertimbangkan juga untuk membeli Andromax tipe yang lebih tinggi seperti Andromax A atau Andromax A2, tapi sayang harganya berkisar di atas Rp 600.000 sehingga saya mengurungkan niat.

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Akhirnya saya memutuskan untuk membeli Andromax Prime, untuk limit maksimal 3 device saya coba untuk “mengakalinya”.

Kebetulan di rumah ada router yang tidak terpakai (merk TPLink MR3020), dengan bekal router tersebut, saya mencoba menjadikannya repeater.

Jadi, alih-alih dari Andromax Prime -> Device, saya mengubah skema menjadi Andromax Prime -> router/repeater -> Device. Jadi device yang terhubung dengan Andromax Prime hanya 1 buah, dan device yang terkoneksi ke repeater 5 buah 😀

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Hidupkan Andromax Prime, lalu ke menu Setting, set opsi tethering (nama SSID lalu set juga passwordnya, pilih key type ke WPA2)
  2. Menuju ke webUI bawaan router, dalam hal ini router TPLink saya beralamatkan http://192.168.0.254
  3. Menuju ke Wireless Settings (nomor 1 pada gambar)
  4. Cek opsi “Enable WDS Bridging” (nomor 2 pada gambar)
  5. Selanjutnya klik “Survey”, pilih SSID dari Andromax Prime yang sebelumnya diset. (nomor 3 pada gambar)
  6. Pilih tipenya WPA-PSK/WPA2-PSK, masukkan password yang sebelumnya diset di Andromax Prime.
  7. Lalu klik tombol “Save”. (nomor 4 pada gambar).
  8. Jika sudah, akan ada peringatan bahwa router harus di-restart. Setelah di-restart tunggu beberapa menit, lalu silakan dikoneksikan ke wifi.
  9. Dan silakan menikmati koneksi sesuai limit router/repeater yang kalian punya, jika punya saya kurang lebih bisa untuk 200 device 😀

Tulisan Sesudah Tulisan…
Sekian trik untuk mengakali limit 3 device pada Andromax Prime, jika ada tambahan trik atau ada yang terlewatkan oleh saya atau ada yang ingin didiskusikan, silakan berdiskusi di kolom komentar.

nb:

  1. Smartfren memberikan koneksi unlimited dengan FUP 1GB/hari, lebih dari itu kecepatan akan menurun jadi 512kbps, tapi untuk ping tetap stabil.
  2. Andromax Prime ternyata menangkap sinyal tidak begitu bagus, saya mempunyai modem Smartfren M2Y. Jika dibandingkan dengan Adromax Prime, modem M2Y lebih bisa menangkap sinyal. Bahkan terkadang Andromax Prime tidak ada sinyal sama sekali, bersamaan dengan itu modem M2Y saya nyalakan dan bisa menangkap sinyal. Semoga ada update terbaru dari pihak Smartfren untuk masalah sinyal ini.

suka dengan tulisan saya? silakan juga mem-follow twitter saya

butuh web-developer/web programmer? silakan kontak saya agar saya memberikan solusi untuk Anda. Portfolio saya bisa dicek di Limosin Creative Studio


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Stuff

    • wongkito.net

      KombatHost.com

    • Langganan Blog ini via Email

      Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

close
sila dibaca blog saya yang lain