Tips dan Trik Pintar Membedakan Velg Mobil Racing yang Asli Dengan Replika

Thursday, October 20th, 2016 10:08 pm

Sebelum Tulisan Dimulai…
Sekarang ini, penggunaan velg racing untuk mobil sudah memiliki banyak variasi yang sudah diketahui oleh para pemilik kendaraan pribadi roda empat. Apalagi para produsen lokal dan juga impor yang ikut meramaikan persaingan velg mobil racing. Beberapa kategori yang ada di pasaran saat ini adalah velg original equipment manufacturer (OEM), aftermarket (bekas), dan replika (KW). Hal inilah yang membuat anda selaku pemilik mobil merasa bingung harus memilih kategori yang mana untuk mendapatkan velg berkualitas dan cocok digunakan pada mobil anda. Untuk mendapatkan velg yang tepat anda harus pintar dalam membedakan velg mobil model racing yang asli dengan KW.

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Pada umumnya, setiap orang berasumsi bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas sebuah barang, dan asumsi itu berlaku untuk velg mobil racing yang dijual dengan harga mulai dari 3 juta sampai ratusan juta rupiah. Untuk harga dibawah 5 juta biasanya diproduksi oleh produsen lokal sedangkan yang diatas 5 juta sampai ratusan juta dibuat oleh produsen impor. Jika harga aslinya dijual dengan harga tersebut, maka harga produk velg replikanya bisa 5 sampai 10 kali lebih murah karena keduanya mengalami proses induksi yang berbeda. Untuk velg asli mengalami proses tempa (forged) sehingga kuat sedangkan replika hanya dengan proses casting.

Velg Mobil Racing

Velg Mobil Racing

Selain proses induksi yang berbeda, ternyata terdapat perbedaan dari kadar kandungan bahan yang digunakan walaupun menggunakan bahan yang sama seperti Alluminium Alloy. Hal ini terlihat dari perbedaan berat velg antara keduanya, selisih velg asli memiliki berat lebih besar sekitar 30 sampai 40 persen dibanding velg replika. Jadi untuk produk replika hanya meniru desain saja namun tidak memperhatikan kualitas sehingga harga jualnya menjadi lebih murah.

Velg mobil racing replika ini diproduksi oleh beberapa negara berkembang karena bidang otomotif pada negara tersebut sedang terjadi peningkatan yang sangat pesat. Biasanya merek velg racing yang dibuat replikanya seperti merek Modular, BBS, Enkei, ADV, dan SSR. Satu tips lagi untuk membedakan velg asli dengan replika adalah melihat secara jelas logo yang timbul pada velg. Biasanya terdapat sedikit perbedaan nama misalkan VolkRays untuk produk asli sedangkan pada produk replika tertulis YolkRays, berbeda bukan. Jadi sebaiknya saat anda datang ke toko yang jual velg dbs dan merek lainnya, anda bisa menerapkan tips dan trik di atas agar tidak mendapatkan velg racing mobil yang palsu dan tidak berkualitas.

Tulisan Sesudah Tulisan…
Berikut tips dan trik dari saya untuk membedakan velg mobil racing yang asli dan replika, ada yang mau menambahkan? Silakan di kolom komentar di bawah


suka dengan tulisan saya? silakan juga mem-follow twitter saya

butuh web-developer/web programmer? silakan kontak saya agar saya memberikan solusi untuk Anda. Portfolio saya bisa dicek di Limosin Creative Studio


Category: Umum



2 Responses to Tips dan Trik Pintar Membedakan Velg Mobil Racing yang Asli Dengan Replika

  1. memang benar kualitas berbanding lurus dengan harga. itu tergantung pada costumer masing masing, meraka berhak memilih untuk membeli yang kw maupun original. setiap kualitas mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. kw murah tapi jangka pakainya sebentar dan ori jangka jangka pakainya panjang tapi mahal.

  2. artikel yang menarik. bisa nambah wawasan untuk yang hobi racing.
    kaki kaki adalah bagian utama. dengan ring yang lebar. geeerrrrrr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Stuff

    • wongkito.net

      KombatHost.com

    • Langganan Blog ini via Email

      Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

close
sila dibaca blog saya yang lain