Memindahkan Website Berbasis Prestashop ke Domain Yang Berbeda

Sebelum Tulisan Dimulai…
Seorang teman meminta saya untuk membantu migrasi dari hosting sebelumnya ke KombatHost, sebenarnya tidak ada masalah jika domain yang dipakai adalah sama. Tetapi ternyata teman saya ini ingin memakai domain yang berbeda. Saat saya cek, mesin yang dipakai di website yang teman saya pakai ini adalah Prestashop.

Prestashop

Prestashop

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Langkah-langkahnya untuk pindah website sebenarnya mudah:

  1. Backup dulu berkas pada hosting lama, juga backup databasenya.
  2. Unduh berkas backup, lalu unggah ke hosting yang baru.
  3. Proses pada poin 2 akan mudah jika kamu mempunyai akses SSH, jika tidak punya silakan kontak ke penyedia hosting. Jika mereka tidak menyediakan, biasanya mereka menawarkan untuk bisa pindah hosting melalui mereka (gratis migrasi).
  4. Jika sudah selesai memindahkan, akan ada masalah jika kamu mengakses ke domain yang baru. Karena akan ter-redirect sendiri ke domain yang lama.
  5. Untuk mengatasi hal tsb, silakan menuju ke PhpMyAdmin, buka database yang dipakai Prestashop, lalu klik tabel: `ps_shop_url`,

    buka tabel ps_shop_url

    buka tabel ps_shop_url

  6. lalu ubah isi dari field: `domain` dan `domain_ssl` dengan alamat domain yang baru.

    Ubah isi dari field domain dan domain_ssl

    Ubah isi dari field domain dan domain_ssl

  7. Dan silakan cek kembali dengan mengetikkan alamat domain baru.

Tulisan Sesudah Tulisan…
Jika ada kesulitan silakan menuliskan di kolom komentar di bawah. Btw jika ingin migrasi ke KombatHost sebenarnya silakan saja mengontak Abang Noob di [email protected] dan meminta layanan migrasi, setau walau tidak tertera di halaman websitenya, layanan ini gratis diberikan 😉