Mencoba Koneksi AHA di Palembang

Sebelum Tulisan Dimulai…
Sudah lumayan lama mendengar para teman-teman dunia maya yang berdomisili di Pulau Jawa memperbincangkan AHA, baik di twitter, facebook, blog, forum-forum maupun di milis. Pastinya penasaran, cuma yang sebagai orang yang tinggal di Palembang, hal itu harus disabarkan 🙂

Tulisan Sesudah Sebelum Tulisan Dimulai…
Akhirnya kesempatan itu tiba, AHA mucul juga di Palembang, dan tepatnya kemarin saya mencoba koneksi AHA.

Kemudahan Untuk Pemula:
Berbeda dengan awal saya mendaftar internet broadband sebelumnya yang lumayan memakan waktu, masuk ke  gerai AHA di Palembang Square menurut saya aktivasinya sangat sebentar, tidak sampai 5 menit aktivasi kelar.

Saya memilih produk Huawei EC167. Setelah aktivasi, penggunaannya juga mudah, tinggal colok USB ke komputer/laptop. Instalasi terdapat di modem itu sendiri jadi tanpa ada CD yang harus dimasukkan ke CD/DVD drive. Hal ini memudahkan para pengguna netbook, soalnya netbook sendiri biasanya tidak dilengkapi dengan CD/DVD drive.

 

AHA dialer

AHA dialer

Setelah instalasi AHA Dialer ternyata ada hal lain yang mempermudah pengguna pemula, yaitu: tanpa perlu memasukkan username, password dan beberapa konfigurasi lainnya; jadi hanya dengan menekan tombol connect maka komputer kita langsung terkoneksi.

Kualitas Sinyal:
Hal pertama yang paling saya ingin tanyakan adalah masalah kualitas sinyal. Maklum saya tinggal di pelosok sedangkan penjualan berada di Palembang Square, di pusat kota. Bagaimanapun bagusnya kualitas, jika ternyata sinyal empot-empotan ya jangan harap bisa internetan dengan ngacir.

Customer services di sana menjelaskan kalau tentang sinyal tidak ada masalah, karena menjangkau bahkan wilayah Indralaya. Saya sih percaya, tetapi yang masih menjadi keraguan saya: rumah saya, sudah di daerah yang jauh dari pusat kota, juga dikelilingi oleh bangunan bertingkat, itu yang membuat sinyal 3G kadang bersusah payah untuk diharapkan masuk ke rumah.

Ternyata ketakutan saya itu terjawab kala sampai di rumah, kualitas sinyal EVDO ternyata kencang terasa di kamar saya. Hal ini yang membuat saya lumayan sumringah, maklum hampir semua koneksi wireless modem biasanya kempes saat masuk ke kamar.

Kualitas Sinyal AHA

Kualitas Sinyal AHA

Untuk info lebih lanjut saya tes koneksi memakai SpeedTest ke server Jakarta dan Palo Alto, hasilnya:

ke Jakarta

ke Jakarta

Ke Palo Alto

Ke Palo Alto

Tulisan Sesudah Tulisan…
Menurut saya internetan AHA untuk posisi saya sebagai blogger dan webdeveloper adalah lebih dari cukup. Sistem kuota yang maksimal 7GB (untuk paket Fantastis) tentunya tercukupi, kecuali jika Anda adalah seorang yang hobi mendownload, tentunya hal ini tidak cukup 🙂

Oh ya hampir lupa, janji mereka yang mengakses youtube tanpa buffering ternyata benar, nonton video di youtube memakai AHA benar-benar tanpa terputus-putus.